Satu Tahun Forkom Agropolitan Kabupaten Blitar

Satu Tahun Forkom Agropolitan Kabupaten Blitar

Rabu, 08 Januari 2014

Jatinom Menuju Desa Energi Mandiri


 Di awal tahun 2014 dan juga awal dari kepemimpinan Kepala Desa Baru ,yaitu Taufiqurrohman , desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar sebagai salah satu desa Kawasan Agropolitan Blitar juga minimbulkan semangat yang baru. Jatinom sebagai kawasan yang ada peternakan Sapinya  , baik sapi perah maupun sapi biasa kini masyarakatnya sudah mulai menunjukan kreatifitasnya , terbukti desa Jatinom sekarang sudah memiliki 6 tempat BIO GAS ditempat warga yang mempunyai sapi. Ini adalah merupakan kesadaran warga karena pembiayaan pembuatan 75 % ditanggung oleh pemilik sapi dan 25 % dibantu oleh Nestle lewat koperasi susu setempat. " Dengan adanya biogas ini kita harapkan nantinya kita mampu memberi manfa'at pula bagi warga sekitar, sehingga nantinya akan mengurangi pengeluaran pembelian gas warga diera pasokan dan harga gas yang semakin tinggi dan semrawut ini " ucap bapak Budi pemilik salahsatu Biogas.
" Dengan adanya BIOGAS yang berada didesa Jatinom diharapkan nantinya mampu memberikan nilai positif bagi warga sekitar, dan juga kita harapkan natinya peran Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar melalui Desa, itu ada, sehingga pada bulan atau tahun berikutnya bisa bertambah, karena masih banyak peternak didesa jatinom yang belum mampu untuk sarana  pembuatan biogas tersebut, dan apabila 1 peternak digunakan 5 rumah untuk memasak, maka tinggal kita kalikan saja, belum lagi kalau nantinya diolah menjadi bahan bakar genset maka akan lebih banyak lagi manfa'atnya  ." sambung Taufiqurrohman Kepala Desa Jatinom. 

  Kerjasama yang baik tentunya antara warga dan pemerintah setempat , baik Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kabupaten Blitar . Peran serta masayarakat sudah ada tinggal peran pemerintah yang harus dimaksimalkan untuk mewujudkan suatu desa atau wilayah menjadi maju dan mandiri.  ( khalda agropolitan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar